Apa prosedur implan gigi? Prosedur implan gigi mengacu pada proses pemulihan gigi yang rusak atau hilang. Ini melibatkan penggunaan implan, yaitu perangkat akar buatan titanium yang menyerupai kumpulan gigi atau gigi dalam prosedur pemulihan. Implan gigi biasanya kuat, tahan lama dan tidak dapat dibedakan dari gigi alami karena tingkah laku dan penampilannya sangat mirip dengan gigi alami dan mampu menahan satu atau beberapa gigi melalui jembatan atau overdenture. Kegagalan saluran akar, trauma mulut, cacat bawaan, kerusakan gigi, penyakit gusi atau pemakaian gigi yang berlebihan mungkin memerlukan penggunaan implan untuk memperbaiki kondisi ini. Ada dua prosedur implan gigi utama yaitu implan fibrointegrated dan osseointegrated; Yang paling disukai adalah implan osseointegrated.

Prosedur Implan Gigi – Yang Perlu Anda Ketahui

Prosedur Implan Gigi - Yang Perlu Anda Ketahui
Prosedure pemasangan gigi tanam ( Implan )

Prosedur implan gigi melibatkan berbagai tahapan mis.

Perencanaan prosedur implan gigi: sebelum memulai prosedur, perencanaan yang terperinci dan cermat sangat penting karena ia dapat mengidentifikasi struktur penting mis. Sinus atau nervus alveolar inferior disamping dimensi dan bentuk tulang untuk memilih implan yang paling tepat agar hasil efektif tercapai. Radiograf dua dimensi mis. Periapikal atau orthopantomograph biasanya diambil sebelum prosedur implan. Dalam kasus tertentu, CT scan juga dapat diperoleh atau CAM 3D khusus atau CAD dapat membantu dalam merencanakan kasus ini. Baik manual atau CT-guided, stent (wafer akrilik yang dipasang di atas permukaan tulang, gigi atau mukosa yang memiliki lubang pra-pengeboran yang menunjukkan sudut dan posisi implan yang akan digunakan) dapat sering digunakan untuk Mengatur penempatan berbagai implan.

1. Prosedur dasar implan gigi

Pada tahap ini, tulang disiapkan untuk penempatan optimalimplant dengan menggunakan latihan presisi atau melalui osteotom tangan yang memiliki kecepatan tinggi untuk menghindari nekrosis tekanan atau pada kasus tertentu, membakar tulang. Setelah jangka waktu yang singkat untuk memungkinkan pertumbuhan tulang pada permukaan implan, mahkota atau mahkota kemudian dapat ditempatkan pada implan.

2. Detail prosedur implan gigi

Tahap ini melibatkan pengeboran lubang percontohan ke lokasi rahang edentulous (tanpa gigi) dengan hati-hati untuk menghindari struktur penting (foramen mental dan nervus alveolar IAN / inferior di dalam mandibula). Biasanya pengeboran melibatkan beberapa langkah. Latihan yang lebih luas secara bertahap digunakan untuk memperluas lubang uji berdasarkan lebar dan panjang implan, perhatian besar harus dilakukan untuk mencegah kerusakan pada sel tulang atau osteoblas oleh kepanasan. Sediaan air pendingin atau semprotan garam digunakan untuk menjaga suhu tulang di bawah 47 derajat setelah implan disekrupkan ke posisi pada torsi tepat untuk menghindari pembebanan tulang sekitarnya yang dapat menyebabkan osteonekrosis (kematian tulang), yang dapat menyebabkan implan. Kegagalan untuk sepenuhnya terikat atau berintegrasi dengan tulang.

Prosedur Implan Gigi - Yang Perlu Anda Ketahui
Gigi Tanam ( Impalt )

3. Insisi bedah

Tahap ini melibatkan pembuatan sayatan di atas puncak situs tempat menempatkan implan yang dikenal sebagai flap. Prosedur implan gigi tertentu memungkinkan prosedur berlipat yang melibatkan meninju sebagian mukosa dari tempat implan. Penelitian menunjukkan bahwa prosedur flapless mengurangi waktu penyembuhan untuk implan gigi.

4. Waktu penyembuhan

Biasanya, jumlah waktu yang memungkinkan implan pulih sebelum penempatan restorasi di atasnya berbeda secara luas berdasarkan praktisi yang berbeda. Umumnya, dibutuhkan sekitar 2 sampai 6 bulan untuk pemulihan meskipun penelitian menunjukkan bahwa pemuatan implan sebelumnya mungkin tidak mempercepat komplikasi jangka panjang atau pendek, namun pemuatan implan lebih cepat dapat meningkatkan kemungkinan kegagalan.

5. Bedah waktu

Ada berbagai prosedur yang dapat digunakan untuk menempatkan implan gigi setelah gigi diekstraksi, ini termasuk: segera, tertunda yang memakan waktu sekitar dua sampai tiga minggu setelah gigi diekstraksi atau penempatan implan pasca ekstraksi akhir dimana penempatan terjadi. Setelah tiga bulan atau lebih setelah pencabutan gigi berlangsung. Waktu yang diperlukan untuk pemuatan implan biasanya berbeda berdasarkan waktu pelaksanaannya, meskipun prosedur implan dapat dikelompokkan menjadi tiga kategori utama yaitu: prosedur implan gigi pemuatan langsung, prosedur gigi pemuatan awal yang memakan waktu satu sampai dua belas minggu dan penanganan beban terakhir yang tertunda. Prosedur yang biasanya dilakukan setelah jangka waktu melebihi tiga bulan.

Iklan